DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN MUARA ULANG DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, PICTURE AND PICTURE, DAN TALKING STICK
PENGARANG:RIANTIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

Riantika. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Dengan Mnggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Picture and Picture, dan Talking Stick. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas dan Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Picture and Pictur, dan Talking Stick.

Permasalahan dalam Penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar siswa rendah yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah di Kelas V SDN Muara Ulang. Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Picture and Picture, dan Talking Stick merupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali perteman. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Muara Ulang tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 15 orang. Aktivias guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, diagram, dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 19, pertemuan II mendapat skor 22, pertemuan III mendapat skor 25, dan pertemuan IV mendapat skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 46.00%, pertemuan II memperoleh presentase 73.00%, pertemuan III memperoleh presentase 80.00%, dan pertemuan IV memperoleh presentase 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan II memperoleh presentase mencapai 46.00% dan pada pertemuan IV mencapai 80.00% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Picture and Picture, dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI