DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 7 MENGGUNAKAN MODEL BAATUR PADA SISWA KELAS IV SDN 2 LANDASAN ULIN UTARA
PENGARANG:MULYANA JURAIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

 

Juraida, Mulyana. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 7 Menggunakan Model BAATUR pada Siswa Kelas IV SDN 2 Landasan Ulin Utara. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M. Pd.

 

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Visualization Auditory Kineshethic, dan Teams Games Tournament.

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah motivasi siswa dalam belajar yang masih kurang, aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ialah kurangnya antusias siswa, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dan siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning, Visualization Auditory Kineshethic, dan Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVD SDN 2 Landasan Ulin Utara Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 15 orang. Teknik analisis diperoleh melalui observasi, angket dan data hasil belajar siswa didapat melalui evaluasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, motivasi siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik, pada setiap pertemuan mendapatkan “Kriteria Sangat Baik”. Motivasi siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Tinggi” dan selalu meningkat sehingga pertemuan 4 mencapai kriteria “Sangat Tinggi”. Aktivitas Siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 60% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, Visualization Auditory Kinesthetic dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru khususnya muatan PPKn tema 7 dapat mengembangkan pembelajaran inovatif dengan menjadikan model ini sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI