DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA LISAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN TIME TOKEN DENGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN PANYIPATAN
PENGARANG:NISA MU'ALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

Nisa Mu’alimah. 2022. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example Dan Time Token Dengan Media Papan Tempel Pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Panyipatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.

Kata Kunci : Example Non Example, Time Token, Papan Tempel, Bahasa.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis peningkatan capaian hasil perkembangan berbahasa lisan menggunakan kombinasi model example non example dan time token dengan media papan tempel pada anak kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Panyipatan.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok A sebanyak 12 anak. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktiviats guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan bahasa anak.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 11, pertemuan 2 memperoleh skor 13, pertemuan 3 memperoleh skor 16, dan pertemuan 4 memperoleh skor 20 dengan criteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 memperoleh persentase 57,63%, pertemuan 2 memperoleh 63,19%, pertemuan 3 memperoleh 79,86%, dan pertemuan 4 memperoleh 97,22% dengan criteria “Sangat Aktif”. Hasil pencapaian perkembangan bahasa anak pada pertemuan I memperoleh persentase 58,33%, pertemuan 2 memperoleh 64,58%, pertemuan 3 memperoleh 72,91%, dan pertemuan 4 memperoleh 93,75% dengan criteria Berkembang Sangat Baik.

Disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model example non example dan time token dengan media papan tempel dapat mengembangkan kemampuan berbahasa lisan anak kelompok A TK Negeri Pembina Kecamatan Panyipatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI