DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGELOLAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PUBLIK DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Farid Syuhada
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

 

Farid Syuhada, 1810413310022, 2022: "Pengelolaan Mal Pelayanan Publik Dalam Pemenuhan Kebutuhan Publik di Kota Banjarbaru". Dosen Pembimbing: Budi Suryadi

 

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Mal Pelayanan Publik Dalam Pemenuhan Kebutuhan Publik di Kota Banjarbaru.

 

Penelitian ini mengacu pada teori dari George R. Terry dalam bukunya ”Principles of Management”, untuk mengetahui pengelolaan atau manajemen Mal Pelayanan Publik dengan dimensi Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan pengawasan. Tipe penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di  Mal Pelayanan Publik Kota Banjarbaru, dan informan dalam penelitian ini adalah Sekretaris Dinas PMPTSP, Kabid Penanaman Modal, dan Kasi Penyelenggaraan Promosi & Kerjasama Penanaman Modal. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, pemyajian data dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti tentang Pengelolaan Mal Pelayanan Publik menunjukkan bahwa Pengelolaan Mal Pelayanan Publik dilihat dari beberapa dimensi yang ada di dalam pendapat manajemen menurut George R. Terry, bahwa setiap organisasi dituntut untuk mempunyai manajemen yang baik agar perencanaan yang dibuat bisa dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ada. Karena Mal Pelayanan Publik dibentuk untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Pengorganisasian Mal Pelayanan Publik para pegawai juga sudah baik dan sesuai dengan ketetapannya, hak dan kewajiban pegawai tertulis didalam perjanjian kerjasama. Pelaksanaan sudah sangat baik, karena pegawai mendapatkan bimbingan teknis atau pelatihan, baik yang diberikan dari pemerintah kota Banjarbaru maupun dari Dinas PMPTSP. Pengawasan dapat diketahui bahwa pegawai gigih serta konsisten dan dapat berjalan sesuai dengan harapan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Dari beberapa dimensi diatas peran terpenting dalam pengelolaan Mal Pelayanan Publik ini ialah dari dimensi perencanaan dan didukung oleh dimensi yang lainnya.

 

 

Kata Kunci: Pengelolaan, Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI