DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA, BENTUK DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MEDIA PAPINBAR DAN MAKE A MATCH PADA KELOMPOK B1 TK AL– HIDAYAH BARABAI
PENGARANG:SALSABIELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


ABSTRAK

Salsabiela. 2022. Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk Dan Ukuran Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Media PAPINBAR dan Make A Match Pada Kelompok B1 TK Al-Hidayah Barabai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dra.Hj.Ike Hananik, M.Pd.

Kata kunci : Kognitif, klasifikasi warna, bentuk dan ukuran, Explicit Instruction, PAPINBAR, Make A Match.

Permasalahan penelitianini adalah belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Disebabkan guru anak ditugaskan dengan lembar kerja, tidak menggunakan benda konkrit, kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan anak belum dilibatkan aktif secara langsung. Jika dibiarkan akan berakibat pada pengenalan simbol-simbol dimasa yang akan datang. Diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, media PAPINBAR danMake A Match.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif anak.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di TK Al-Hidayah dengan jumlah anak sebanyak 17 orang yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Cara pengumpulkan data menggunakan pengamatan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi menggunakan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat sangat baik dengan skor 54. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan secara klasikal mencapai 100% dengan meningkatnya seluruh anak sangat aktif dan pada hasil pencapaian perkembangan kognitif anak berhasil mencapai 100% dengan meningkatnya berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Explicit Instruction, media PAPINBAR danMake A Matchpada anak kelompok B1 TK Al-Hidayah Barabai dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran mengalami perkembangan dan hipotesis dapat diterima. Disarankan agar model dan metode ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas anak yang berdampak pada pengembangan hasil perkembangan anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI