DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEMISKINAN KABUPATEN/ KOTA DI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:NADYA CHINTHYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah minimum, pendapatan perkapita, tingkat pengangguran terbuka, pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan, dan sektor pertanian terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.Alatanalisisyangdigunakanadalahregresidatapanel,menggunakandata panel tahun 2010-2019 pada 14 kabupaten/kota diProvinsi Kalimantan Tengah. Teknik estimasi data panel yangdigunakan adalahfixed effect model (FEM) dengan pendekatan generalized least square (GLS).

Hasilyangdiperolehyaitu secara simultan upah minimum, pendapatan perkapita, tingkat pengangguran terbuka, pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan, dan sektor pertanian berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Secara parsial upah minimum dan pengeluaran pemerintah bidang pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Pendapatan perkapita dan pengeluaran pemerintah bidang kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Sedangkan tingkat pengangguran terbuka dan pengeluaran pemerintah bidang kesehatan tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Katakunci:Upah minimum, pendapatan perkapita, tingkat pengangguran terbuka, pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, pengeluaran pemerintah bidang kesehatan, sektor pertanian

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI