DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL BRIMA KELAS V SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RAUDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah motivasi peserta 

didik dalam belajar masih kurang, aktivitas peserta didik masih rendah dan hasil 

belajar peserta didik masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ini adalah 

kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang diajarkan oleh

pendidik, pembelajaran berlangsung dilaksanakan hanya satu arah, yang mana 

peserta didik lebih banyak mencatat, mendengarkan penjelasan pendidik dan 

mengerjakan soal yang ada dibuku, serta peserta didik kurang aktif dan fokus saat 

pembelajaran belangsung. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan 

motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning

(PBL), Role Playing dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk 

mendeskripsikan aktivitas pendidik, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 

aktivitas peserta didik serta menganalisis hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan 

jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali 

pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN-SN Karang 

Mekar 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah peserta didik sebanyak 

15 orang. Data dihasilkan dari lembar instrument lembar observasi dan tes hasil 

belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam 

bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan 

kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas pendidik dan peserta 

didik, motivasi peserta didik, serta tercapainya ketuntasan belajar peserta didik 

secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 

I mencapai skor 27 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 

37 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar peserta didik pada pertemuan I 

memperoleh 46,67% dengan kriteria “cukup tinggi” dan pertemuan IV 

memperoleh 86,67% dengan kriteria “sangat tinggi”. Observasi aktivitas peserta 

didik pada pertemuan I memperoleh 46,67% dengan kriteria “cukup aktif” dan 

pertemuan IV 93,33% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil 

belajar peserta didik pada pertemuan I memperoleh 46,67% peserta didik “tuntas” 

dan pertemuan IV mencapai 100% peserta didik “tuntas.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem 

Based Learning (PBL), Role Playing dan Make a Match dapat meningkatkan 

aktivitas, motivasi dan hasil belajar peserta didik. Disarankan penggunaan model 

tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI