DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Peranan Academic Self Efficacy terhadap Academic Burnout pada Peserta Didik SMA dalam Peralihan Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Luring di Kota Banjarmasin | |
PENGARANG | : | Vania Rizka Amalia | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-30 |
Berawal dari pandemi covid-19 yang mengharuskan terjadinya perubahan dalam metode pembelajaran sehingga menimbulkan permasalahan baru yaitu academic burnout yang diyakini dapat berdampak buruk terhadap penurunan akademik peserta didik. Adapun salah satu faktor terkait academic burnout ialah academic self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan academic self efficacy terhadap academic burnout pada peserta didik SMA dalam peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey korelasionaldengan desain penelitian cross sectional. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan non probability samplingdengan jenis purposive sampling dengan karakteristik peserta didik SMA yang telah melaksanakan peralihan metode pembelajaran daring ke luring. Alat ukur yang digunakan ialah Morgan-Jinks Student Efficacy Scale (MJSES) dan School Burnout Inventory (SBI) yang telah melalui proses adaptasi sesuai dengan tahapan dari Beaton dkk. (2000). Responden penelitian berjumlah 243 peserta didik SMA di kota Banjarmasin (n=243). Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat peranan negatif yang signifikan antara academic selff efficacy terhadap academic burnoutpada peserta didik SMA dalam peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring (b = -0,341: p < 0,001). Variabel academic self efficacy memiliki kontribusi sebesar 11,6% terhadap academic burnout, sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci: Academic burnout, academic self efficacy, pembelajaran daring, pembelajaran luring
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI