DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MUATAN PKN MENGGUNAKAN MODEL DINGSANAK PADA SISWA KELAS V SDN PEKAPURAN RAYA 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan  siswa kurang melibatkan diri secara aktif, kurangnya antusias siswa dalam mengemukakan pendapat,  pembelajara bersifat satu arah, selain itu juga siswa kurang mampu berpikir secara kreatif, dan beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran DINGSANAK dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pekapuran Raya 5, Kota Banjarmasin yang berjumlah 16 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa.  kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Guru pertemuan I mencapai 75% dengan kriteria Baik  meningkat pada pertemuan IV menjadi 90,625% dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas Siswa pada pertemuan I mencapai 56,25% dengan kriteria Cukup Aktif dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 93,75% dengan kategori Sangat Aktif. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 37,50% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klsikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model DINGSANAK dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kulitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI