DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA PADA TEMA 9 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, TGT DAN CRH PADA SISWA KELAS IV SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MARINA YUNINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-30


 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini ialah motivasi siswa dalam belajar yang masih kurang, aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ialah kurangnya antusias siswa, kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dan siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan melalui Model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model PBL, TGT dan CRH. 

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 12 orang. Data dihasilkan dari lembar instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, motivasi siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik, pada pertemuan I mencapai skor 22 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 31 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 41.67% dengan kriteria “cukup tinggi”  dan pertemuan IV memperoleh 91.67% dengan kriteria “sangat tinggi". Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 41.67% dengan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan IV 91.67% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 50% siswa “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 100% siswa “tuntas”.

 

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL), Teams Games Tournament (TGT), dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI