DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Peranan Self Optimism terhadap Academic Burnout Pada Peserta Didik SMA dalam Peralihan Pembelajaran Daring ke Pembelajaran Luring | |
PENGARANG | : | Lamhot Parulian Samuel Edykristianto Rumapea | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-31 |
Pandemi covid-19 melanda Indonesia yang berdampak pada perubahan sistem pembelajaran bagi peserta didik. Salah satu dari dampak tersebut menimbulkan permasalahan yaitu academic burnout. Peserta didik yang mengalami academic burnout akan berpengaruh pada motivasi belajar dan mengakibatkan penurunan pada prestasi belajar. Academic burnout dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah self optimism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan self optimism terhadap academic burnout pada peserta didik SMA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik yang sedang menjalankan pendidikan SMA di Banjarmasin dengan sampel sebanyak 243 yang dipilih secara random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu skala Life Orientation Test – Revised (LOT-R) dan School Burnout Inventory (SBI). Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan terdapat peranan negatif yang signifikan antara self optimism terhadap academic burnout pada peserta didik SMA dalam peralihan pembelajaran daring ke pembelajaran luring ((? = -0,329: p < 0,001). Semakin tinggi tingkat self optimism peserta didik, maka semakin rendah academic burnout yang dialami, begitu pula sebaliknya. Self optimism memiliki peran sebesar 10,8 % (R? = 0,108) dalam memprediksi academic burnout sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci : Peserta didik SMA, self optimism, academic burnout, pembelajaran daring, pembelajaran luring
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI