DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Isi Kredibilitas Presenter Najwa Shihab Dalam Youtube Mata Najwa terkait Covid-19 di Indonesia
PENGARANG:Jasmina Ramadha Wibowo
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

Jasmina Ramadhana Wibowo, D1C114262, 2021, Analisis Isi Kredibilitas Presenter Najwa Shihab Dalam Youtube Mata Najwa terkait Covid-19 di Indonesia. Dibimbing oleh Atika Rusli selaku dosen pembimbing I dan Muhammad Muthahhari Ramadhani selaku dosen pembimbing II.

 

Dikarenakan pergeseran kebiasaan disaat pandemic Covid-19 melanda Indonesia semenjak bulan Maret 2020, maka ada pergeseran budaya menonton bagi khalayak. Acara Mata Najwa sendiri memiliki platform yang ada di Youtube, juga bernama ‘Mata Najwa’ dan adapula channel youtube bernama ‘Narasi’ yang diisi oleh Najwa Shihab sebagai pembawa acaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kredibilitas Presenter Kredibilitas Presenter Najwa Shihab Di Platform Youtube Najwa Shihab Dalam Konteks Pandemi Covid-19 dengan menggunakan Analisis isi Kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif interpretatif. pendekatan yang dipilih dalam penelitian ini adalah pendekatan Fenomenologis dengan model interaksi simbolik. Dalam pendekatan ini yang ditekankan adalah aspek subyektif dari perilaku orang dan kredibilitas dari sosok Najwa Shihab.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Najwa Shihab adalah seorang news anchor dan pembawa acara di stasiun televisi Trans 7 dengan program Mata Najwa sebagai seorang presenter talkshow professional. Najwa Shihab melakukan komunikasi antarpribadi yang baik kepada semua narasumbernya terutama dalam acara Mata Najwa Edisi “Menangkal Corona - Menkes Terawan”. Hal inilah yang dilakukan Najwa untuk membuat para narasumbernya merasa nyaman dan tidak merasa terintimidasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh Najwa sehingga komunikasi di antara mereka dapat terjalin dengan baik dan lancar. Najwa Shihab memiliki kompetensi kredibilitas komunikasi yang sangat baik ketika melakukan praktik komunikasi antarpribadi. Cara Najwa menghidupkan suasana ketika di atas panggung membawakan program acara “Mata Najwa edisi Menangkal Corona - Menkes Terawan” sangat baik. Mulai dari cara ia mendengarkan orang lain, memberikan respon terhadap pernyataan yang diberikan narasumbernya, serta proses tatap muka yang intens namun tidak memberikan kesan intimidasi, mampu diorganisirnya dengan cara yang bijak sehingga tidak menimbulkan misunderstanding di antara kedua belah pihak.

 

Kata kunci: Najwa Shihab, Mata Najwa, Kredibilitas, Komunikasi Antar Pribadi, Analisis Isi Kualitatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI