DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar Keluarga (Studi Pada Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala)
PENGARANG:HILMA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

Hilma Yunita, D1B115055, Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Dasar Keluarga (Studi Pada Desa Pulau Sewangi Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala). Di bawah bimbingan Ellisa Vikalista selaku pembimbing I dan Gazali Rahman pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dari pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap pemenuhan kebutuhan dasar keluarga yang berada di Desa Pulau Sewangi, PKH sudah dilaksanakan di Desa Pulau Sewangi sejak tahun 2007 sampai sekarang, dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berganti dan di gantikan dengan KPM yang lainnya. Penelitian ini meggunakan indikator kebutuhan dasar keluarga dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Kuala yang terdiri dari kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Metode penelitian menggunakan.metode kuantitaif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 58 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk penentuan skor menggunakan skala likert. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sedangkan analisis data untuk memperoleh hasil dalam penelitian menggunakan rumus presentasi.

Hasil penelitian dengan tingkat pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap pemenuhan kebutuhan dasar keluarga yang terdiri dari pendidik an, kesehatan dan ekonomi KPM di Desa Pulau Sewangi secara keseluruhan sebesar 78,2 % dikategorikan “Sangat Tinggi”, merupakan hasil dari pendapat responden melalui kuesioner yang di sebarkan ke 58 KPM, PKH bagi KPM sangat bepengaruh dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari keluarga. Sedangkan hasil penelitian dengan pemenuhan kebutuhan dasar keluarga berupa kebutuhan pendidikan sebesar  90,7 % semua kebutuhan pendidikan anak dapat terpenuhi melalui PKH, kesehatan 100% sangat berpengaruh bagi KPM dan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan KPM melalui PKH, sedangkan kebutuhan di bidang ekonomi  sebesar 70 % masyarakat mulai menjadi mandiri dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga melalui membuka usaha.

Melalui penelitian ini di harapkan pendamping PKH desa dapat lebih rutin untuk melakukan pembaharuan data terhadap KPM, bagi KPM dapat menggunakan dana bantuan dari PKH dengan baik dalam memenuhi kebutuhan dasar keluarga. Sedangkan untuk peneliti yang akan melakukan penelitian selanjutnya dapat melanjutkan penelitian yang telah dilakukan dan menggunakan metode yang berbeda.

Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Kelurga Peerima Manfaat,Kebutuhan Dasar Keluarga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI