DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS IV SDN 1 WASAH HILIR
PENGARANG:EKA RUSIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

 

Rusianti, Eka (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Student Teams Achievement Division (STAD), dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Wasah Hilir. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition, Student Teams Achievement Division, Think Pair Share.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan membaca siswa masih kurang optimal, kurangnya strategi dalam pembelajaran, pembelajaran hanya berlangsung satu arah dan minimnya stimulus yang diberikan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru untuk menganalisis peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa muatan Bahasa Indonesia Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Student Teams Achievement Division (STAD), dan Think Pair Share (TPS).

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Wasah Hilir yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh nilai 62,5 dengan kriteria “Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan 4 memperoleh nilai 96,8 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai 20% dengan kriteria “Kurang Aktif” meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan klasikal 30% dan pada pertemuan 4 mencapai 100%. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal pada aspek afektif 30% dan aspek psikomotorik 30%, meningkat pada pertemuan 4 pada aspek afektif memperoleh 100% dan aspek psikomotorik memperoleh 90%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Student Teams Achievement Division (STAD), dan Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 1 Wasah Hilir. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI