DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF PADA PENGENALAN BILANGAN MELALUI METODE DEMONSTRASI KOMBINASI MAKE A MATCH DAN MEDIA FLASHCARD PADA KELOMPOK B DI TK ANNISA BARITO KUALA
PENGARANG:KARINA AZZAHRA TRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

Triani, Karina Azzahra. (2022). Mengembangkan Aspek Kognitif pada Pengenalan Bilangan Melalui Metode Demonstrasi Kombinasi Make a Match dan Media Flashcard pada Kelompok B di TK Annisa Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

 

Kata kunci: Aspek Kognitif, Pengenalan Bilangan, Demonstrasi, Make a Match, Media Flashcard.

 

Permasalahan penelitian ini adalah anak kesulitan dalam menyebutkan bilangan 1-10, masih ada anak yang belum bisa menggunakan lambang bilangan untuk menghitung suatu benda atau hal lainnya dan kondisi dilapangan anak belum mampu mencocokkan lambang bilangan. Hal ini disebabkan kurangnya media pembelajaran yang mendukung di dalam kelas dan proses pembelajaran menggunakan strategi yang membosankan dan monoton. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kolompok B TK Annisa Barito Kuala yang berjumlah 11 orang (7 laki-laki dan 4 perempuan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria aktif dan sangan aktif. Aktiviitas anak dengan ketuntasan klasikal 82% dan hasil perkembangan minimal 80% mecapai nilai bintang 3 dan 4.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) aktivitas guru pertemuan 1 dengan skor 18 kriteria “baik”, pertemuan 2 dengan skor 21 kriteria “baik” dan pertemuan 3 dengan skor 26 kriteria “sangat baik”. 2) aktivitas anak pertemuan 1 dengan persentase 54.5% kriteria “cukup aktif”, pertemuan 2 dengan persentase 72.7% kriteria “aktif” dan pertemuan 3 dengan persentase 90.9% kriteria “sangat aktif”. 3) hasil perkembangan kognitif anak pertemuan 1 dengan persentase 45.5% kriteria “MB”, pertemuan 2 dengan persentase 72.7% kriteria “BSH” dan pertemuan 3 dengan persentase 90.9% kriteria “BSB”.

Berdasarkan hasil pertemuan ini dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi Kombinasi Make a Match dan Media Flashcard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI