DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN SIKAP DISIPLIN MELALUI MODEL PROJECT, ROLE, DEMONSTRATION MENGGUNAKAN MEDIA KARTON PADA KELOMPOK B TK ISLAM AL ZAHRAR MARTAPURA
PENGARANG:Anggita Dewi Khairunnisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

Khairunnisa, Anggita Dewi.2022Mengembangkan Sikap Disiplin melalui Model Project, Role, Demonstration menggunakan Media Karton pada Kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidkan Peserta didik Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd. 

 

Kata kunci: Sosial Emosional, Disiplin, Project, Role, Demonstration, Media Karton

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang hanya dilakukan satu arah, peserta didik cendrung tidak aktif, dan guru tidak terbiasa dalam melakukan kegiatan membuat sebuah project dan penggunaan model pembelajaran tidak digunakan saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini membuat peserta didik kurang memiliki keinginan berhasil dalam suatu sistem belajar dan tidak memiliki dorongan kebutuhan pembelajaran. Solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan kombinasi model Project Based Learning, Role Playing, Demonstration. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek nilai sosial emosional dalam mengembangkan sikap disiplin dalam membuang sampah di TK Islam Al Zahrar Martapura.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak dikelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik 10 orang. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil pengembangan nilai sosial emosional selama proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan pertama memperoleh kriteria “Baik”, pertemuan kedua kriteria “Baik”, dan meningkat pada pertemuan ketiga dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan kedua meningkat dengan kriteria “Aktif”, dan meningkat lagi di pertemuan ketiga dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil pengembangan aspek nilai sosial emosional anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir yaitu belum berkembang, mulai berkembang, berkembang sangat baik kemudian berkembang sesuai harapan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model yang digunakan dapat meningkatkan sikap disiplin dalam membuang sampah pada kelompok B TK Islam Al Zahrah Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI