DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN STORYTELLING SEBAGAI STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:YASINTYA RAHMI RAMADHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-31


ABSTRAK

            Yasintya Rahmi Ramadhana, D1C115232, 2022, Penerapan Storytelling Sebagai Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Instagram Di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Fahrianoor.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan storytelling sebagai strategi promosi pariwisata melalui instagram di Kota Banjarmasin dengankajian 3 elemen pariwisata (something to see, something to do, and something to buy) dan 4 elemen storytelling (pesan, konflik, karakter dan plot).

            Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan penelitian ini adalah pegawai DISBUDPORAPAR Kota Banjarmasin dan Galuh Kebudayaan Kalimantan Selatan 2021. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi storytelling sebagai strategi promosi pariwisata belum optimal, diketahui bahwa dari 40 unggahan @budporaparbjm selama periode bulan November 2021 hingga April 2022, hanya ada 8 unggahan yang menampilkan beberapa unsur-unsur pariwisata.Berdasarkan 8 unggahan berunsur pariwisata yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak didapati satupun unggahan yang memuat unsur storytelling secara lengkap berupa pesan, konflik, karakter, dan plot.

Kata kunci: Storytelling, Pariwisata, Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI