DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Number Head Together, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN Bunipah 1
PENGARANG:Mariana Iftitah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


ABSTRAK

Iftitah. Mariana 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Number Head Together, dan Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN Bunipah 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Wahdah Refia Rafianti, S.Sn,M.Pd

Kata Kunci: IPS, Group Investigation, Number Head Together, dan Talking Stick

Permasalahan penelitian adalah siswa belum mampu mengingat tentang peristwa proklamasi kemerdekaan, siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Bunipah 1 muatan pelajaran IPS. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu dengan menggunakan kombinasi model Group Investigation, Number Head Together, dan Talking Stick. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskribsikan dan menganalisis aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian yakni siswa kelas V SDN Bunipah 1 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 16 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tas tertulis secara individu berupa lembar kerja siswa dan evaluasi. Analisis data pada kuantitatif menggunakan analisis deskripsi berupa interpretasi persentase Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21 dengan kriteria “baik”, pertemuan II 27 dengan kriteria “sangat baik”, pertemuan III skor meningkat 29 dengan kriteria “sangat baik” dan pertemuan IV skor mencapai  31 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 38%, pertemuan II 50%, pertemuan III 81% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 87% dengan kualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan  62% menjadi 94%, kognitif 38% menjadi 94% dan ranah psikomotorik 44% meningkat menjadi 94%. 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kombinasi model Group Investigation, Number Head Together, dan Talking Stick sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran peristiwa proklamasi tentang matapelajaran IPS di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI