DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Semiotika Makna Kehidupan Sosial Pada Lirik Lagu "Negara Lucu" Karya Enau
PENGARANG:Muhammad Yanuar Azhar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


Salah satu tujuan dari musik adalah untuk media berkomunikasi. Seseorang atau sekelompok pemusik menciptakan suatu musik karena ada pesan yang hendak disampaikannya. Tidak banyak orang yang menyanyikan sebuah lagu hanya untuk menyenangkan diri sendiri, kebanyakan orang menyanyikan sebuah lagu karena ingin didengar oleh orang lain. Melalui musik musisi ingin menjelaskan, menghibur, mengungkapkan pengalaman kepada orang lain. Musik adalah sarana bagi para musisi dan penulis lagu untuk mengungkap apa yang ingin disampaikan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif interpretative. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan selanjutnya perbait dianalisis dengan menggunakan metode semiotika dari Saussure yang dikaitkan dengan realitas sosial pada sang pencipta menciptakan lagu tersebut. Penelitian ini mengunakan metode semiotika dari pemikiran Ferdinand de Saussure yang menganggap bahwa makna tidak bisa dilihat secara individual. Selain itu penulis menggunakan teori konstruksi realitas sosial.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat makna kehidupan sosial terhadap gaya hidup bersosial dalam lirik lagu “Negara Lucu” karya Enau yang menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Yang mana gaya bagi kebanyakan orang saat ini adalah hal primer, bahkan bergaya yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya di baliknya dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berpikiran sempit ingin sukses tapi mereka tidak berusaha, Konstruksi realitas sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia yang bergaya hidup mewah, yakni masih adanya pandangan buruk dan ejekan dari masyarakat dikarenakan tidak sesuai dengan yang sebenarnya dibaliknya dan hanya merugikan orang lain, proses konstruksi sosial terbentuk melalui proses internalisasi, eksternalisasi dan objektivasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI