DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION, DISCOVERY LEARNING, DAN TALKINGSTICK PADA KELAS V DI SDN TATAH MESJID 1
PENGARANG:RIZQAN AKMAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


ABSTRAK

Rizqan Akmal. 2022. Skripsi Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education, Discovery Learning, dan Talkingstick Pada Kelas V Di SDN Tatah Mesjid 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Sulaiman, M. Pd., Ph. D.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, RME, Discovery Learning, Talkingstick.

Pembelajaran di harapkan berpusat pada siswa, yang berperan secara aktif, siswa mampu mengembangkan kreativitas diri dan menciptakan kondisi yang menyenangkan. Namun pada kenyataannya belum berpusat pada siswa, kurang aktif saat belajar, dan mudah bosan. Upaya mengatasi hal tersebut dengan cara kombinasi model Realistick Mathematic Education (RME), Discovery Learning, dan Talkingstick. Tujuan Penelitian ini untuk mendiskripsikan kualitas aktivitas guru dan siswa, juga menganalisis peningkatan hasil berlajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tatah Mesjid 1 dengan jumlah 20 orang siswa pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 18 dan 19 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 3 dan 4 dengan skor 21 dan 23 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Cukup Aktif”  pada pertemuan 2 dan 3 mencapai kriteria “Aktif” dan pada pertemuan 4 mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 45%, afektif 35% dan psikomotor 45% pertemuan 2 pada aspek kognitif 60%, afektif 60% dan psikomotor 55%. Pada Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 70%, afektif 75% dan psikomotor 70% dan pada pertemuan 4 aspek kognitif  85%, afektif 100% dan psikomotorik 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematic Education (RME), Discovery Learning, Talkingstick dapat meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan matematika. Adapun saran yang dapat diberikan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ataupun alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan matematika.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI