DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN DENGAN MEDIA LOTTO ANAK PADA KELOMPOK A DI TK HARAPAN BUNDA SUNGAI ANDAI
PENGARANG:SRI MAWADDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


ABSTRAK

Mawaddah, Sri. 2022. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Dengan Media Lotto Pada Kelompok A Di TK Harapan Bunda Sungai Andai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi., M.Pd

Kata kunci: Kognitif, Mengenal Warna, Metode Eksperimen, Media Lotto

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengenal warna yang masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan kognitif anak.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada ajaran 2021/2022 dalam 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah anak usia 4 tahun pada kelompok A TK Harapan Bunda Sungai Andai dengan jumlah anak 10 orang. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan lembar hasil capaian perkembangan beserta rubrik penilaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pertemuan mengalami peningkatan, pada aktivitas guru setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria sangat baik. Aktivitas anak setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak setiap pertemuannya sampai mencapai krikteria berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan mengenal warna melalui metode eksperimen dengan media lotto berhasil meningkat. Saran bagi guru adalah menjadikan metode eksperimen dengan media lotto ini sebagai referensi dalam berinovasi dalam upaya meningkatkan perkembangan aspek kognitif dalam kegiatan mengenal warna. Bagi kepala sekolah agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan informasi mengenai metode dan media yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain adalah sebagai alternatif masukan yang dapat menjadi bahan acuan dalam pengembangan pembelajaran.

 


 

ABSTRACK

Mawaddah, Sri. 2022.Improving Cognitive Ability to Recognize Colors Through Experimental Methods With Group A Lotto Media at Harapan Bunda Sungai Andai Kindergarten. Thesis for Early Childhood Education Teacher Education Program. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Advisor Dr. Ririanti Rachmayanie Jammain, S.Psi., M.Pd

 

Keywords: Cognitive, color Recognition, Experimental Method, Lotto Media

 

The problem in this study is the cognitive development of children in recognizing colors that are still not developed. The purpose of this study was to determine the activities of teachers, children's activities, and the results of children's cognitive development achievements.

The research approach uses a qualitative approach with the type of classroom action research carried out in the 2022/2023 school in 3 meetings. The setting of this research is children aged 4 years group A Harapan Bunda Sungai Andai Kindergarten with 10 children. Qualitative data were obtained through research instruments in the form of teacher activity observation sheets, children's activities and developmental achievement results sheets along with assessment rubrics.

The results of this study indicate that each meeting has increased, the teacher's activity in each meeting until it reaches very good criteria. Children's activities at each meeting until they reach the criteria are very active. The results of children's cognitive development at each meeting until they reach the criteria are very well developed.

Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the activity of recognizing colors through the experimental method with lotto media has succeeded in increasing. Suggestions for teachers are to make the experimental method with this lotto media as a reference in innovating in an effort to improve the development of cognitive aspects in color recognition activities. For the principal so that the results of this research can be used as input and information about methods and media that can be applied in learning. For other researchers, it is an alternative input that can be used as reference material in the development of learning.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI