DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PENINGKATAN KUALITAS NUTRISI AMPAS KELAPA (Cocosnucifera L) FERMENTASI MENGGUNAKAN LEVEL EM-4 YANG BERBEDA
PENGARANG:SYARIFUDIN
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-08-20


SYARIFUDIN (E1E114032). Kajian Peningkatan Kualitas Nutrisi Ampas Kelapa (Cocos nucifera L) Fermentasi Menggunakan Level EM-4 Yang Berbeda, dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Danang Biyatmoko. M.Si dan Dr. Lilis Hartati, S.Pt., M.P.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Nutrisi Makanan Ternak Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Waktu penelitian terhitung mulai tanggal 05 Juni 2018 sampai dengan 05 juli 2018. Penelitian ini mengetahui kandungan bahan kering (BK), bahan organik (BO), protein kasar (PK), serat kasar (SK), dan lemak kasar (LK) dari limbah ampas kelapa yang difermentasi dengan level EM4 yang berbeda. Materi penelitian menggunakan limbah ampas kelapa yang difermentasi mengunakan EM-4 dengan level yang berbeda dari setiap perlakuan, kecuali kontrol sebagai pembanding. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) empat perlakuan dan lima kali ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah : P0: Ampas kelapa tanpa fermentasi (Kontrol), P1: Fermentasi ampas kelapa dengan EM-4 sebesar 1%, P2: Fermentasi ampas kelapa dengan EM-4 sebesar 2% dan P3: Fermentasi ampas kelapa dengan EM-4 sebesar 3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan nutrisi pada ampas kelapa fermentasi terhadap kandungan protein kasar meningkat sedangkan kandungan serat kasar, lemak kasar, bahan kering menurun, tetapi tidak mempengaruhi bahan organik. Disimpulkan bahwa Fermentasi ampas kelapa dengan level EM-4 yang berbeda berpengaruh terhadap
kandungan nutrisi ampas kelapa fermentasi. Perlakuan yang terbaik dicapai oleh perlakuan P3 ampas kelapa fermentasi dengan level EM-4 3% dengan capaian nutrisi protein kasar sebesar 11,01%, serat kasar 20,89% dan lemak kasar 17,48%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI