DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INTAMA BERBANTUAN MEDIA LATER DALAM MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI KELAS V SDN BERANGAS BARAT 2
PENGARANG:Winda Aulia Rahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


ABSTRAK

 

Winda Aulia Rahmah. 2022. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif danPemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model INTAMA BerbantuanMedia LATER Dalam Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di Kelas VSDN Berangas Barat 2. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin.PembimbingProf.Drs.AhmadSuriansyah,M.Pd., Ph.D.

Katakunci:BerpikirKreatif,PemecahanMasalah,Inkuiri,TakeandGive,MakeaMatch, Poster, Lagu.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dalamproses pembelajaran, rendahnya keterampilanberpikir kreatif dan pemecahannmasalah dan hasil belajar siswa yang rendah di kelas V di SDN Berangas Barat 2dalam pembelajaran IPA. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitumelalui modelINTAMA dan Media LATER pada penelitian tindakan kelas diSDN Berangas Barat 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanaktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa sertaketerampilanmemecahkan berpikir kreatifdan pemecahan masalah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatifdengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 3 kalipertemuan. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDNBerangasBarat2tahunajaran2021/2022,denganjumlahsiswasebanyak28siswa.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatifdiperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperolehmelaluiteknikpengukurandengantestertulissecaraindividu.Analisisdatadihitungberdasarkanskalapresentasedanindikatorketuntasanbelajaryangditetapkan.

HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasgurupertemuanImencapaikriteria Baik, pertemuan II mencapai Sangat Baik, dan pertemuan III mencapaiSangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria Cukup Aktif,pertemuan II mencapai kriteria Aktif, dan pertemuan III mencapai kriteria SangatAktif. Ketuntasan Klasial hasil Belajar siswa pada pertemuan I mencapai 36%,pertemuan II mencapai64%, dan pertemuan III mencapai 86%. KeterampilanBerpikirKreatifpadapertemuanImencapai54%,pertemuanIImencapai71%,danpertemuan III mencapai 89%. Keterampilan PemecahanMasalah pada pertemuan Imencapai46%,pertemuanIImencapai 64%,danpertemuanIIImencapai86%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI