DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Literatur Implementasi Universal Design for Learning untuk Anak Tunagrahita
PENGARANG:Zesya Warahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-01


Penerapan UDL ini memberian keleluasaan kepada pendidik untuk menyesuaikan kurikulum, menyesuaikan cara penyampaian materi pembelajaran, dan menilai peserta didik dengan cara sederhana. Salah satu prinsip UDL adalah kurikulum diharuskan dibuat dengan mencakup alternatif alternatif tertentu sehingga kurikulum tersebut sesuai dengan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Literatur atau Studi kepustakaan (Library Research). penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Universal Design for Learning (UDL) untuk anak tunagrahita serta hambatan dan solusinya. Jurnal yang digunakan sebanyaj 20 buah jurnal dengan tahun publikasi sepuluh tahun terakhir melalui proses screening sesuai dengan kriteria inklusi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan UDL metode dan model yang efektif untuk menerapkan UDL diperlukan untuk menentukan bagaimana merancang dan mengimplementasikan kegiatan pembelajaran yang efektif, dan untuk menjelaskan bagaimana praktik ini apat diintegrasikan dengan lebih baik ke dalam pengaturan pendidikan inklusif. UDL juga mengurangi hambatan belajar sekaligus meningkatkan kesempatan belajar siswa dengan hambatan intelektual atau disebut dengan anak tunagrahita. Penerapan UDL untuk anak tunagrahita juga mengalami hambatan seperti kurangnya minat dan motivasi menerapkan dan mempelajari UDL. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan melaksanakan pelatihan mengenai UDL

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI