DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MENGENAL PERILAKU BAIK DAN BURUK DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU MARTAPURA
PENGARANG:DITA SHERINA MAULIDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Dita Sherina Maulidia .2022. MengembangkanNilai Agama dan Moral Anak dalam Mengenal Perilaku Baik dan Buruk dengan Menggunakan KombinasiModel Problem Based Learning (PBL) dan Model Talking Stickdengan MediaPop Up Bookpada Kelompok B RA Muslimat NU Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I, M.Pd.

Kata Kunci: Nilai Agama dan Moral, Mengenal Perilaku Baik dan Buruk, Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) danModel Talking Stick  denganMediaPop Up Book.

 

Permasalahan penelitian ini di latar belakangi rendahnya kemampuan nilai agama dan moral anak dalam mengenal perilaku baik dan buruk pada anak kelompok B RA Muslimat NU Martapura. Upaya untuk mengembangkan aktivitas dan hasil perkembangan anak yaitu melalui kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) danModel Talking Stick  denganMediaPop Up Book. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan  kemampuan nilai agama dan moral anak khususnya dalam mengenal perilaku baik dan buruk.

Metode yang digunakan yaitu kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan 3 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok B RA Muslimat NU Martapura sebanyak 14 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pengamatan terkait aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori “Cukup Baik” naik menjadi kategori “Sangat Baik” pada siklus III. Aktivitas anak secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori “Kurang Aktif” menjadi kategori “Sangat Aktif” pada siklus III. Hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari siklus I dengan kategori “Belum Berkembang” naik menjadi kategori “Berkembang Sangat Baik” pada siklus III.

Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakankombinasi model Problem Based Learning (PBL) danModel Talking Stick  denganMediaPop Up Bookberhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan yang optimal. Disarankan penggunaan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) danModel Talking Stick  denganMediaPop Up Booksebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI