DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, BERKOMUNIKASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKANPENDEKATAN CTL KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DAN SNOWBALL THROWING KELAS V SDN ANJIR SERAPAT LAMA
PENGARANG:SITI RAHMATINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Rahmatina, Siti  (2022) Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPS Menggunakanpendekatan CTL Kombinasi Model Example non Example dan Snowball Throwing Kelas V SDN Anjir Serapat Lama. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Raihanah Sari,M.Pd.

Kata  Kunci : Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berkomunikasi, Hasil Belajar, CTL, Example non Example, Snowball Throwing.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal tersebut disebabkan karena pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher center), tidak terdapat kegiatan yang mendorong siswa menganalsis masalah, dan kurangnya interaksi siswa dalam pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan dengan menerapkan pendekatan CTL kombinasi model Example non Example dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis peningkatan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Anjir Serapat Lama pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dengan observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yaitu dengantes tertulis baik secara kelompok maupun individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 27,78% kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 89,47% kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I mencapai 16,67% kriteria “Kurang Terampil” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 84,21% kriteria “Sangat Terampil”. Keterampilan berkomunikasi pada pertemuan I mencapai 22,22% kriteria “Kurang Terampil” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 89,47% kriteria “Sangat Terampil”. Hasil belajar siswa pada pertemuan I yaitu 16,67% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 84,21%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL kombinasi modelExample non Example dan Snowball Throwing dapat terlaksana dengan baik oleh guru dan dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar  dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, dan hasil belajar siswa khususnya pada muatan IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI