DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN
PENGARANG:NISA AULIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


ABSTRAK

 

Nisa Auliya. 2021. Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan    Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perencanaan Karier Pada Siswa Kelas         VIII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Pembimbing: (I)Dr.Sulistiyana,            S.Pd.,M.Pd (II)Mufida Istati, M.Pd.

 

Kata Kunci : Teknik Permainan Ular Tangga, Perencanaan Karier

 

Perencanaan karier yang matang erat kaitannya dengan pemahaman individu mengenai karier itu sendiri. Suksesnya pencapaian karier seseorang dipengaruhi oleh adanya kemampuan perencanaan karier dan pengambilan keputusan yang matang.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan teknik permainan ular tangga dalam membantu meningkatkan perencanaan karier pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan jenis penelitian  eksperimen dengan rancangan Quasi experiment. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Jumlah populasi 120 0rang dan sampel 12 orang pada  kelas VIII di SMP Negeri 25 Banjarmasin dengan teknik analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney Test.

Hasil penelitian menunjukkan gambaran siswa sebelum diberikan teknik permainan ular tangga memiliki presentase rata-rata perencanaan karier 90,25% (kategori rendah). Setelah memperoleh teknik permainan ular tangga meningkat menjadi 98,08% (kategori sedang). Berdasarkan analisis uji Mann-Whitney Testuntukuji dua sisi adalah 0,005 atau probabilitas di bawah 0,05 (0,005 < 0,05). Artinya Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima.

Disimpulkan bahwa adanya efektivitas teknik permainan ular tangga untuk  meningkatkan perencanaan karier pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat disampaikan yaitu hendaknya konselor lebih bervariatif dan meningkatkan frekuensi pemberian layanan karier untuk membantu siswa dalam membuat perencanaan karier secara tepat. Selain itu, bagi sekolah untuk memfasilitasi konselor yang bertugas agar memperdalam dan mengembangkan layanan Bimbingan Konseling khususnya layanan karier.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI