DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MODEL MAKE A MACTH DAN MEDIA FLASHCARD DI KELOMPOK B PAUD TERPADU ADZKIA MARTAPURA
PENGARANG:Yunika Ariyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Yunika Ariyanti. 2022. Mengembangakan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Make A Macth Dan Media Flashcard di Kelompok B PAUD Terpadu Adzkia Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Chreasty Anggreani, M.Pd.

Kata Kunci:   Bahasa, Membaca Permulaan, Model Make A Macth, Media  Flashcard

            Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan bahasa pada anak terutama pada membaca permulaan. Hal ini disebabkan pembelajarannya kurang menarik, kurang menyenangkan, model dan media pembelajarannya kurang menarik sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar anak sehingga upaya pemecahan masalah dalam penelitian ini melalui model make a macth dengan media flashcard. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kemampuan membaca permulaan pada anak.

            Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Terpadu Adzkia Martapura yang berjumlah 6 orang anak (2 anak perempuan dan 4 anak laki-laki). Teknik analisa pengumpulan data yang digunakan secara deskriptif, kualitatif, curse tabel yang digambarkan dalam grafik dan interpretasi menggunakan persentase. Indikator keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak mampu mencapai kategori sangat aktif dan hasil perkembangan kemampuan membaca permulaan mampu mencapai kategori berkembang sangat baik.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aktivitas guru  siklus I dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 mengalami peningkatan, pada pertemuan ke 3 mampu mencapai kriteria baik. Pada siklus II dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 juga mengalami peningkatan, pada pertemuan ketiga mampu mencapai kriteria sangat baik. (2) Aktivitas anak siklus I  mampu mencapai kriteria cukup aktif, pada siklus II mengalami peningkatan dengan kriteria sangat aktif. (3) Hasil perkembangan kemampuan membaca permulaan anak pada siklus I  belum ada anak yang berkembang dan pada siklus II kemampuan membaca permulaan pada anak meningkat dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model make a macth dengan media flashcard dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dan informasi untuk memilih model pembelajaran khususnya pada pembelajaran membaca permulaan melalui model make a macth dan media flashcard.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI