DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC HARDINESS SISWA PADA MASA PENDEMI COVID 19 DI SMPN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:LILIS KARLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Siswa yang memiliki academic hardiness yang tinggi secara umum akan

memiliki keterampilan khusus yang ditunjukan untuk penguatan diri mereka

ketika mengalami tekanan pada kegiatan akademik..Tujuan dari penelitian ini

yaitu untuk mengetahui serta menganalisis keberhasilan dalam menggunakan

teknik biblio-edukasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan

academic hardiness siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan

konseling (PTBK) dengan menggunakan mix methods dan dilaksanakan dengan

tiga siklus. Setiap siklus terdiri darri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi

dan refleksi. Adapun sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling

dan didapatkan sampel kelas IX yang berjumlah 4 orang siswa. Alat pengumpulan

data yang digunakan diantaranya: lembar observasi beserta rubrik, dan angket

academic hardiness.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya

peningkatan pada setiap siklus, untuk aktivitas peneliti mencapai kategori “baik”,

untuk aktivitas siswa mencapai kategori “aktif” serta hasil tindakan dari

pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik biblioedukasi

mencapai kategori “berhasil”.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI