DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN KESEHATAN LINGKUNGAN DI DESA MANDOMAI KECAMATAN KAPUAS BARAT
PENGARANG:NANDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


ABSTRAK

Nanda Sari. D1C115418. Komunikasi Persuasif Dalam Membangun Kesehatan Lingkungan Di Desa Mandomai Kecamatan Kapuas Barat. Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad Dan Noviana Sari

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana penerapan komunikasi persuasive dan mengetahui apa saja yang menjadi penghambat pelaksanaan komunikasi persuasif yang digunakan petugas kesehatan lingkungan dalam mewujudkan kesehatan lingkungan di Desa Mandomai Kecamatan Kapuas Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan Kualitatif. Metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan Penerapan dilaksanakan dengan menggunakan tiga teknik komunikasi persuasif, yang dimana pada teknik asosiasi tenaga kesehatan menyajikan pesan pada objek yang sedang menarik. Teknik ganjaran, yang digunakan pada penelitian ini ganjaran berupa pengadaan lomba, tenaga kesehatan mengajak masyarakat untuk melaksanakan komunikasi persuasive yang mereka sampaika. Selain itu, teknik tataan juga digunakan dalam penyampaian komunikasi persuasive pada penelitian ini, yang dimana tenaga kesehatan menyusun pesan persuasive seacara sistematis., agar mudah dipahami oleh masyarakat dan juga dapat memotivasi serta diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.  Faktor yang menghambat pelaksanaan komunikasi persuasif dalam mewujudkan kesehatan lingkungan Desa Mandomai Kecamatan Kapuas Barat adalah kesulitan mengumpulkan masyarakat secara keseluruhan pada saat penyampaian komunikasi persuasif, dan juga pemahaman dari masyarakat yang belum dipahami oleh semua masyarakat yang ada di Desa Mandomai pada saat penyampaian komunikasi persuasif.

Kata kunci: komunikasi persuasif, komunikasi kesehatan, pesan persuasive

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI