DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MUATAN IPA DENGAN MENANAMKAN KARAKTER WASAKA MENGGUNAKAN MODEL DREAM DAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN SEMANGAT DALAM 5 BARITO KUALA
PENGARANG:SITI NOORHAFIDZAH AMALI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Amali, Siti Noorhafidzah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Muatan IPA Dengan Menanamkan Karakter Wasaka Menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visual Di SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Muhsinah Annisa, S.Si., M. Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Muatan IPA, Karakter Wasaka, DREAM Dan Media Audio Visual.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siwa terhadap muatan IPA pada materi gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala.  Penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menarik, siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan IPA materi gaya dan gerak pada siswa kelas 4 SDN Semangat Dalam 5 Barito Kuala.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas 4 Semangat Dalam 5 Barito Kuala yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 23 – 29 dan 30 – 36 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil  penelitian  menujukkan bahwa aktivitas guru  dengan  presentase 91%  kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa  dengan presentase klasikal 100% kriteria  “Sangat Aktif ”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 100% Kriteria “Seluruhnya”.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model DREAM Dan Media Audio Visualdapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini  dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran IPA khususnya materi gaya dan gerak serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI