DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEGIATAN PEMBINAAN PANTI ASUHAN PUTERI AISYIYAH KELURAHAN BANUA ANYAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:FARAHDITA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-02


Farahdita Rahmi, 2022. Kegiatan Pembinaan Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M. Pd dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

Pendidikan tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga menjadi tanggung jawab masyarakat melalaui pendidikan nonformal. Panti asuhan merupakan diantara pendidikan nonformal yang berperan penting dalam pembentukkan karakter dan pengembangan potensi seorang anak. Oleh karena itu, panti asuhan merupakan lembaga sosial yang mempunyai peran untuk melindungi dan membimbing anak – anak yatim, yatim piatu, terlantar dan kaum dhuafa untuk kesejahteraan hidup anak asuh.

Tujuan penelitian ini: 1). Untuk mendeskripsikan kondisi objektif Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar. 2). Untuk mendeskripsikan kegiatan pembinaan di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Benua Anyar. 3). Untuk mendeskripsikan kegiatan pembinaan Panti asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar Sebagai Sumber Belajar IPS. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi langsung dalam bentuk gambar dan rekaman.

Berdasarkan hasil penelitian: 1). Kondisi objektif Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar berdasarkan hasil penelitian bahwa sudah terlihat memadai. Sumber dana yang di dapat melalui donator tetap, simpatisan dari masyarakat dan kas pengurus Panti Asuhan. Jumlah pembina ada 5 orang dan pengasuh 7 orang. Jumlah anak asuh yang berasal dari dalam panti berjumlah 16 orang sedangkan yang berasal dari luar panti berjumlah 14 orang dan total keseluruhan anak di Panti Asuhan Puterii Asiyiyah Kelurahan Banua Anyar adalah 30 orang. 2). Kegiatan pembinaan di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Banua Anyar ada 4 yaitu, kegiatan bimbingan keagamaan, kegiatan bimbingan sosial, kegiatan bimbingan keterampilan dan kegiatan bimbingan kesehatan. 3). Pembelajaran yang dapat diajarkan dengan memanfaatkan kegiatan pembinaan di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Kelurahan Benua Anyar sebagai sumber belajar IPS, memberikan pemahaman kontekstual dan bermakna bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kondisi Objektif, Panti Asuhan, Kegiatan Pembinaan dan Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI