DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Program Revitalisasi Pasar Rakyat Sudan Raya di Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:Elisa Ivo Pratiwi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-03


 

ABSTRAK

 

Elisa Ivo Pratiwi, 1810413220001, 2022, Implementasi Program Revitalisasi Pasar Rakyat Sudan Raya di Desa Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Dibimbing oleh Safa Muzdalifah.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program revitalisasi Pasar Rakyat Sudan Raya di Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kesesuaian implementasi program menurut David C. Korten, yaitu kesesuaian antara program dengan pemanfaat, kesesuaian antara program dengan organisasi pelaksana, dan kesesuaian antara kelompok pemanfaat dengan organisasi pelaksana. Informan dalam penelitian ini adalah Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu, UPTD Pengelolaan Pasar,  pedagang dan pengunjung Pasar Sudan Raya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program revitalisasi Pasar Rakyat Sudan Raya di Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu kurang terlaksana. Hal ini dilihat dari indikator kesesuaian antara program dan pemanfaat kurang tercapai,yang mana sebagian kelompok sasaran belum mendapatkan dan memanfaatkan output dari pelaksanaan program revitalisasi.

 

Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, perlu secepatnya merampungkan pembangunan Pasar Sudan Raya  hingga menyeluruh. Kepada peneliti selanjutnya perlu meneliti dan lebih mendalami terkait dengan perilaku dan budaya para pedagang serta pengunjung Pasar Sudan Raya.

 

 

 

Kata Kunci: Implementasi, Program, Revitalisasi, Pasar Rakyat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI