DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DALAM PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL INQUIRY LEARNING, MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V/A SDN SUNGAI BILU 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HAMDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-03


ABSTRAK

Hamdani, Muhammad 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Menggunakan Kombinasi Model Inquiry Learning, Mind Mapping Dan Make A Match Siswa Kelas V/A Sdn Sungai Bilu 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:  Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match.

Permasalahan dalam penelitian ini yakni rendahya hasil belajar siswa yaitu rata-rata siswa mendapatkan nilai dibawah 70 (KKM) dan secara klasikal ≤ 80% siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Permasalahan tersebut terjadi pada siswa Kelas V/A yang kebanyakan siswanya belum mampu untuk memahami pelajaran IPS materi “Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan”. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum terbiasa berpikir tingkat tinggi dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat pertemuan. Setting penelitian yaitu siswa kelas V/A semester genap tahun ajaran 2020/2021 di SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Cara pengumpulan data melalui proses pengamatan selama penelitian berlangsung dan tes hasil belajar serta teknik analisis datanya berupa distribusi, frekuensi, persentase dan deskripsi. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa format pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran telah berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria hampir seluruhnya sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥70.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Inquiry Learning, Mind Mapping dan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi penelitian selanjutnya.


ABSTRACT

Hamdani, Muhammad 2022. Improving Social Studies Learning Outcomes in the Struggle to Maintain Independence A Combination Model of Inquiry Learning, Mind Mapping and Make A Match Class V/A Students Sdn Sungai Bilu 1 Banjarmasin. Thesis of the Elementary School Teacher Education S1 Study Program. Teacher training and education science. Lambung Mangkurat University Banjarmasin. Supervisor: Dra. Hj. Ike Hananik, M.Pd

Keywords: Learning Outcomes, Struggle to Maintain Independence, Inquiry Learning, Mind Mapping and Make A Match.

The problem in this study is the low student learning outcomes, namely the average student scores below 70 (KKM) and classically 80% of students get a score of 70. This problem occurs in Class V/A students, most of whom are unable to understand social studies lessons. "The Struggle for Independence". This happens because learning is still teacher-centered, students are not used to high-level thinking and the lack of student activity in the learning process. Improved by using a combination model of Inquiry Learning, Mind Mapping, and Make A Match. The purpose of this study was to determine the teacher's activities in carrying out learning, to determine student activities in participating in learning and to determine student learning outcomes in learning improvement and presentation materials using a combination of Inquiry Learning, Mind Mapping and Make A Match models.

The research approach used is qualitative. The research methodology uses classroom action (CAR) with four meetings. The research setting is the students of class V/A in the even semester of the 2020/2021 academic year at SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin with a total of 28 students consisting of 13 boys and 15 girls. The method of data collection is through the observation process during the research and learning outcomes tests and data analysis techniques in the form of frequency distribution, percentage and description. The data instrument used is a format for observing teacher and student activities as well as items for evaluating student learning outcomes.

The results showed that the teacher's activities in the implementation had been successfully implemented with very good criteria. Classically, students' activities in participating in learning succeeded in achieving almost all of them very active. While student learning outcomes classically managed to achieve the specified success indicator, 80% of students got a score of 70.

The results showed that the use of a combination of Inquiry Learning, Mind Mapping, and Make A Match models could improve student learning outcomes and those who were accepted. It is suggested that this research can be used as a reference for further research.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI