DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN STEAM PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
PENGARANG:FEBI TIAWAN NOOR CHASANAH PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Perkembangan pendidikan harus diiringi  dengan integrasi teknologi dalam prosesnya.  Perkembangan media pembelajaran berbasis teknologi telah menjadi sorotan dalam dunia pendidikan.  Pengembangan media pembelajaran berbasis android juga menjadi salah satu tren yang makin didukung setelah pandemi covid-19.  Integrasi teknologi diharapkan selaras dengan peningkatan literasi sains peserta didik.  Literasi sains menjadi tagihan abad 21 sebagai hasil dari proses belajar.   penggunaan media dan pendekatan yang sesuai akan menjadi keadaan yang mendukung peningkatan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan hasil pengembangan  media pembelajaran berbasis android bermuatan pendekatan STEAM(science, technology, engineering, Art  and Mathematics) pada materi bioteknologi konvensional. 

Metode dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D dengan desain evaluasi Tessmer yang terdiri dari tahapan self evaluation, expert review, one to one evaluations, dan small  groups evaluations.Hasil penelitian menunjukan media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan diukur dari skor validitas ahli, keterbacaan, dan kepraktisan.  Nilai rata-rata validitas media 0,85 dalam kategori sangat valid. Nilai keterbacaan adalah 80,21% dengan kategori keterbacaan tinggi dan nilai kepraktisan 85,23% dalam kategori sangat praktis.  

 

 

Kata Kunci: Pengembangan media, berbasis android, STEAM

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI