DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KERJASAMA MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM DI KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU MARTAPURA
PENGARANG:Fitriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Fitriani2022.MeningkatkanKerjasamaMelaluiKombinasiModelProjectBasedLearningdanDirect Instruction MenggunakanMediaBahan AlamPadaKelompok B RA Muslimat NU Martapura. Skripsi Program PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDini.FakultasKeguruandanIlmupendidikan.UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.PembimbingChrestyAnggreani,M.Pd.

 

Kata Kunci : Kerjasama, Project Based Learning, Direct Instruction, Media BahanAlam

Permasalahanpenelitianinidilatarbelakangidenganrendahnyaperkembanganaspeksosial padaanak.Hal tersebutdisebabkan oleh guru tidakmenstimulasikerjasamadanrendahnyadalamkemampuankerjasamameningkatkanperkembangan kerjasama anak dalam melakukan media bahan alam yaitu denganmenggunakan kombinasi model Project Based Learning dan Direct Instructionmenggunakan media bahan alam untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak,danhasilperkembangansosialanakdalammelakukankerjasama.

PenelitianinimenggunkanpendekatankualitatifdankuantitatifjenisPenelitianTindakanKelasdenganduasiklusyagterdir3pertemun.Subjekpenelitianinidalahanak kelompok B RA Muslimat NU Martapura yang berjumlah 8 orang. Jenis datadalam penelitian ini dalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitasguru,anakdanperkembangananak.Datakuantitatifdiperolehmelaluiteknikpengukuran dengan tes secara individu.Analisisdata dilakukan dengan teknikdeskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan denganindikatorkeberhasilanperkembanganyangditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapaikriteriaCukupBaik,dansiklusIImencapaikriteriaSangatBaik.AktivitasanakpadasiklusImencapaikriteriacukupaktif,danSiklusIImencapaiKriteriaAktif.Ketuntasan hasil perkembangan kerjasama anak menggunakan media bahan alampada siklusImencapai65%danpada siklusIImencapai79,7%.

Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui kombinasi modelProject Based Learning dan Direct Instruction menggunakan media bahan alamdapatmeningkatkanaktivitasguru,aktivtasanak,danhasilperkembangankerjasamaanakmenggunakanmedia bahan alam.Disarankan penggunaan model tersebutsebagai salah satualternatif dalam meningkatkan aktivitas gurudan anak,danmeningkatkanhasilperkembangankerjasamamenggunakanmediabahanalam.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI