DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KERJASAMA MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DIRECT INSTRUCTION MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN ALAM DI KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU MARTAPURA | |
PENGARANG | : | Fitriani | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-09-05 |
Fitriani2022.MeningkatkanKerjasamaMelaluiKombinasiModelProjectBasedLearningdanDirect Instruction MenggunakanMediaBahan AlamPadaKelompok B RA Muslimat NU Martapura. Skripsi Program PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDini.FakultasKeguruandanIlmupendidikan.UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.PembimbingChrestyAnggreani,M.Pd.
Kata Kunci : Kerjasama, Project Based Learning, Direct Instruction, Media BahanAlam
Permasalahanpenelitianinidilatarbelakangidenganrendahnyaperkembanganaspeksosial padaanak.Hal tersebutdisebabkan oleh guru tidakmenstimulasikerjasamadanrendahnyadalamkemampuankerjasamameningkatkanperkembangan kerjasama anak dalam melakukan media bahan alam yaitu denganmenggunakan kombinasi model Project Based Learning dan Direct Instructionmenggunakan media bahan alam untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak,danhasilperkembangansosialanakdalammelakukankerjasama.
PenelitianinimenggunkanpendekatankualitatifdankuantitatifjenisPenelitianTindakanKelasdenganduasiklusyagterdir3pertemun.Subjekpenelitianinidalahanak kelompok B RA Muslimat NU Martapura yang berjumlah 8 orang. Jenis datadalam penelitian ini dalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitasguru,anakdanperkembangananak.Datakuantitatifdiperolehmelaluiteknikpengukuran dengan tes secara individu.Analisisdata dilakukan dengan teknikdeskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan denganindikatorkeberhasilanperkembanganyangditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapaikriteriaCukupBaik,dansiklusIImencapaikriteriaSangatBaik.AktivitasanakpadasiklusImencapaikriteriacukupaktif,danSiklusIImencapaiKriteriaAktif.Ketuntasan hasil perkembangan kerjasama anak menggunakan media bahan alampada siklusImencapai65%danpada siklusIImencapai79,7%.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa melalui kombinasi modelProject Based Learning dan Direct Instruction menggunakan media bahan alamdapatmeningkatkanaktivitasguru,aktivtasanak,danhasilperkembangankerjasamaanakmenggunakanmedia bahan alam.Disarankan penggunaan model tersebutsebagai salah satualternatif dalam meningkatkan aktivitas gurudan anak,danmeningkatkanhasilperkembangankerjasamamenggunakanmediabahanalam.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI