DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA 7 MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL TUNTAS SISWA KELAS V SDN SEMANGAT DALAM 5 BATOLA
PENGARANG:MILA MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Maulidah, Mila. 2022. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Tema 7 Muatan IPS Menggunakan Model TUNTAS Siswa Kelas V SDN Semangat Dalam 5 BATOLA. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Semangat Dalam 5 BATOLA yang disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang monoton, siswa kurang terlibat langsung dalam pembelajaran, serta kegiatan pembelajaran masih terpaku pada buku dan kurang kontekstual. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), model Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis motivasi belajar siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Semangat Dalam 5 BATOLA Tahun Pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 17 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi motivasi dan aktivita siswa. Data kuantitatif diperoleh dari tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 23 dengan kriteria “baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 31 dengan kriteria “sangat baik”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 64,71% dengan kriteria “tinggi” dan pertemuan IV memperoleh 100,00% dengan kriteria “sangat tinggi”. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 58,82% dengan kriteria “cukup aktif” dan pertemuan IV 100,00% dengan kriteria “sangat aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 64,71% siswa “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 94,12% siswa “tuntas”.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), model Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai masukan/pertimbangan dalam rangka memilih model pembelajaran yang inovatif. 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI