DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI METODE BERCERITA, MODEL PICTURE AND PICTURE, DAN MEDIA BIG BOOK DI KELOMPOK B TK HARAPAN BUNDA SUNGAI ANDAI
PENGARANG:SABARIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


ABSTRAK

Sabariah. 2022. Meningkatkan  Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita, Model Picture And Picture, dan Media Big Book Di Kelompok B Tk  Harapan Bunda Sungai Andai. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Langsung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Bahasa Ekspresif, Menceritakan Kembali Isi Cerita, Metode Bercerita, Picture And Picture, Media Big Book.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil kemampuan bahasa ekspresif anak pada kelompok B dalam menceritakan kembali cerita yang disampaikan nya masih kurang seperti anak masih belum mampu mengekspresikan cerita dengan benar, lemahnya dalam berbahasa, anak belum bisa menggungkapkan apa yang dipikirkan dan dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil kemampuan bahasa ekspresif anak melalui metode bercerita, model picture and picture, dan media big book di kelompok B TK  harapan bunda sungai andai.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Harapan Bunda Sungai Andai Banjarmasin yang berjumlah 9 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek kemampuan bahasa ekspresif. 

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) aktivitas guru pada pertemuan ke-3 mencapai kategori sangat baik, (2) aktivitas anak pada pertemuan ke-3 mencapai kategori sangat aktif 100%, dan (3) hasil kemampuan bahasa ekspresif pada pertemuan ke-3 mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan (BSH) dan (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi metode bercerita, model picture and picture dan media big book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil kemampuan anak dengan dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

 

 

ABSTRACK

 

Sabariah. 2022. Improving Children's Expressive Language Skills Through Storytelling Methods, Picture And Picture Models, and Big Book Media in Group B Kindergarten Harapan Bunda Sungai Andai. Thesis for Early Childhood Education Teacher Education Program S1. Faculty of Teacher Training and Education. University of Lambung Mangkurat Banjarmasin. Advisor Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Keywords: Expressive Language, Retelling Story Content, Storytelling Method, Picture And Picture, Media Big Book.

 

The problem in this study is that the results of the expressive language skills of children in group B in retelling the stories they convey are still lacking, as children are still not able to express stories correctly, weak in language, Children cannot express what they are thinking and feeling. The purpose of this study was to describe teacher activities, children's activities, and analyze the results of children's expressive language skills through the storytelling method,picture and picture models, and big book media in group B TK Harapan Bunda Sungai Andai.

This research approach uses qualitative with the type of classroom action research, carried out in 3 meetings, the research setting was on 9 children in group B of Harapan Bunda Sungai Andai Kindergarten in Banjarmasin. Data collection techniques used observation, documentation and interviews as well as assessment of aspects of expressive language skills.

The results showed that (1) the teacher's activities at the 3rd meeting reached the very good category, 2) children's activities at the 3rd meeting reached the very active category 100%, and (3) the results of expressive language skills at the 3rd meeting reached 100% of children who succeeded by getting (BSH) and (BSB).

Based on the results of the study, it can be concluded that the combination of storytelling methods, picture and picture models and big book media can increase the activity and results of children's abilities to be very active. It is recommended for school principals, teachers and further researchers to be used as input for information to improve children's expressive language skills.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI