DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA IPA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EXPERIENTIAL LEARNING DI SDN GAMBUT 4
PENGARANG:EKA IKHTIARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


ABSTRAK

Ikhtiarini, Eka. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada IPA Melalui Kombinasi Model PembelajaranProject Based Learning dan Experiential Learning Di SDN Gmbut 4. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Project Based Learnig, Experiential Learning

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan rendahnya hasil belajar  yang akan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah di kelas V SDN Gambut 4. Melalui ModelProject Based Learning dan Experiential Learningmerupakan salah satu solusi terbaik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Gambut 4, jumlah siswa sebanyak 12 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil belajar siswa diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 24, pertemuan II mendapat skor 27, pertemuan III mendapat skor 30, dan pertemuan IV mendapat skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh presentase 33.33%, pertemuan II memperoleh presentase 58.33%, pertemuan III memperleh presentase 100% dan IV memperoleh presentase 100%. Hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 66.67%, pada pertemua II mencapai 83.33%, pada pertemuan III 88.33%, dan pada pertemuan IV mencapai 91.67% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa ModelProject Based Learning dan Experiential Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI