DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL GEMAR MATERI SIKLUS MAKHLUK HIDUP PADA KELAS IV SDN SUNGAI BILU 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Akbar, Muhammad. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model GEMAR Materi Siklus Makhluk Hidup Pada Kelas IV SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Berpikir Kritis, Hasil Belajar, GEMAR

 

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang disebabkan belum terbiasa melakukan penyelidikan secara langsung, belum kritis dalam memecahkan masalah, cenderung cepat bosan, kurang antusias dan pasif dalam proses pembelajaran sehingga kurang menarik dan bermakna. Berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena tidak ada pengembangan inovasi dalam proses pembelajaran. Upaya menyelesaikan masalah tersebut menggunakan model GEMAR.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Bilu 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 4 mendapat skor 26. Aktivitas siswa pada pertemuan 4 mencapai 87% (klasikal). Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 4 mencapai 87% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 4 mencapai 87% (klasikal). Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 4 mendapat 82.6% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 4 mendapat 87% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model GEMAR dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI