DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Komunikasi Keluarga Dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Dalam Film
PENGARANG:NADA ALZENA AUFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


ABSTRAK

Nada Alzena Aufa, 1710414620033, 2022, Representasi Komunikasi Keluarga Dalam Film (Analisis Isi Kualitatif Dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hati Ini Karya Angga Dwimas Sasongko). Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh.

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan sebuah film bergenre drama dan tema keluarga yang diadaptasi dari buku karya Marchella FP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi komunikasi keluarga yang terkandung dalam film sehingga dapat memahami pentingnya komunikasi keluarga.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Film ini memuat representasi komunikasi keluarga didalamnya yang diamati berdasarkan lambang/simbol, klasifikasi dan prediksi/analisis data. Analisis dilakukan dengan mengamati scene-scene berupa dialog dan visual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dan teori skema hubungan keluarga.

Hasil penelitian ini adalah aneka komunikasi keluarga yang dilakukan menjadi kunci untuk menjaga hubungan keluarga tetap berjalan harmonis.  Representasi komunikasi keluarga menunjukkan bahwa komunikasi keluarga verbal, komunikasi keluarga nonverbal, komunikasi keluarga individual dan komunikasi keluarga kelompok dapat dilakukan dengan beberapa cara. Caranya adalah seperti memberi pelukan, menampilkan ekspresi wajah yang menunjukkan suasana hati, melakukan protes dan duduk bersama untuk berbincang-bincang. Komunikasi keluarga yang dilakukan memiliki berbagai fungsi seperti sebagai aktualisasi diri, membangun konsep diri, menghindarkan diri dari ketegangan dan untuk mendapatkan kebahagiaan. Komunikasi keluarga dalam film ini juga memiliki tingkat orientasi percakapan dan orientasi kepatuhan yang tinggi sehingga permasalahan lebih mudah teratasi.

 

Kata Kunci :  Analisis Isi, Film, Representasi, Komunikasi Keluarga


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI