DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN KONSEP BILANGAN DENGAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL TALKING STICK, MAKE A MATCH DAN METODE TANYA JAWAB PADA KELOMPOK B TK MAWAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:NOOR HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


ABSTRAK

Hikmah, Noor. 2022. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Dalam Upaya

Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan Melalui Kombinasi

Model Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab Pada Anak

Kelompok TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Program Ilmu

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan

Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen

Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

KataKunci: Kognitif, Mencocokan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Model

Talking Stick, Make A Match Dan Metode Tanya Jawab

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian

Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak

kelompok B TK Mawar Kabupaten Barito Kuala berjumlah 16 orang anak. Jenis

data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi

aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran

dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif

kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator

keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria

“Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kriteria

“Sangat Aktif”. Sedangkan hasil capaian perkembangan anak mencapai kriteria

“Berkembang Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Talking

Stick, Make A Match dan metode Tanya jawab dapat mengembangkan aspek

kognitif anak dalam meniru mencocokan bilangan dengan lambang bilangan pada

TK Mawar Kabupaten Barito Kuala. Disarankan penggunaan model tersebut

sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang

berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam proses

pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI