DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM MENGONTROL GERAKAN TANGAN MENGGUNAKAN MODEL MONTIR (deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A TK MAWAR KABUPATEN BATOLA | |
PENGARANG | : | HELDA MAGHFIRAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-09-05 |
Helda Maghfirah. 2022. Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspek Motorik
Halus Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Model Montir
(deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) Dengan
Media Bahan Alam Pada Kelompok A TK Mawar Kabupaten Batola..
Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung
Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Aslamiah,
M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Motorik Halus, Mengontrol Gerakan Tangan , deMONstration, beyond
center and circle TIme, dan scRamble.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan motorik
halus anak pada kelompok A dalam mengontrol gerakan tangan. Hal ini disebabkan
pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik dan
masih bersifat abstrak dampaknya perkembangan motorik halus anak tidak akan
berkembang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi anak,
aktivitas anak, aktivitas guru dan hasil perkembangan motorik halus anak.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian
PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dilakukan dalam 3 kali pertemuan, setting
penelitian pada anak-anak (3 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek
perkembangan motorik halus. Keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru
mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak rata-rata kelas mencapai kriteria
“Hampir Seluruh Anak Aktif”, motivasi anak mencapai kriteria “Hampir Seluruh
Anak Termotivasi”dan hasil pengembangan anak minimal 81% dan mencapai
bintang ??? dan bintang ???? berkembang sesuai harapan (BSH).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1
dengan skor 24 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 28 dengan
kategori “Sangat Baik” dan petemuan ke-3 dengan skor 32 dengan kategori “Sangat
Baik”. (2) Motivasi Anak pertemuan ke-1 dengan 50% kategori “Sebagian Anak
Termotivasi”, pertemuan ke-2 dengan 75% kategori “Sebagian Besar Anak
Termotivasi” dan pertemuan ke-3 dengan 100% kategori “Seluruh Anak
Termotivasi”. (3) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan 50% kategori “Sebagian
Anak Aktif”, pertemuan ke-2 dengan 75% kategori “Sebagian Besar Anak Aktif”
dan pertemuan ke-3 dengan 100% kategori “Seluruh Anak Aktif”. (4) Hasil
Perkembangan Motorik Halus anak pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak
yang berhasil dengan mendapatkan 100% (BSB).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model
Montir (deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) dapat
meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik
dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya
dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada
anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI