DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN ASPEK MOTORIK HALUS DALAM MENGONTROL GERAKAN TANGAN MENGGUNAKAN MODEL MONTIR (deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK A TK MAWAR KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:HELDA MAGHFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


Helda Maghfirah. 2022. Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Aspek Motorik 

Halus Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Model Montir 

(deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) Dengan 

Media Bahan Alam Pada Kelompok A TK Mawar Kabupaten Batola..

Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung 

Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Aslamiah, 

M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Motorik Halus, Mengontrol Gerakan Tangan , deMONstration, beyond 

center and circle TIme, dan scRamble.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan motorik 

halus anak pada kelompok A dalam mengontrol gerakan tangan. Hal ini disebabkan 

pembelajaran yang dilakukan hanya satu arah, pembelajaran kurang menarik dan 

masih bersifat abstrak dampaknya perkembangan motorik halus anak tidak akan 

berkembang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi anak, 

aktivitas anak, aktivitas guru dan hasil perkembangan motorik halus anak.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian 

PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dilakukan dalam 3 kali pertemuan, setting 

penelitian pada anak-anak (3 laki-laki dan 5 perempuan). Teknik pengumpulan data 

menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek 

perkembangan motorik halus. Keberhasilan penelitian adalah aktivitas guru

mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak rata-rata kelas mencapai kriteria 

“Hampir Seluruh Anak Aktif”, motivasi anak mencapai kriteria “Hampir Seluruh

Anak Termotivasi”dan hasil pengembangan anak minimal 81% dan mencapai 

bintang ??? dan bintang ???? berkembang sesuai harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pertemuan ke-1 

dengan skor 24 dengan kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 28 dengan 

kategori “Sangat Baik” dan petemuan ke-3 dengan skor 32 dengan kategori “Sangat 

Baik”. (2) Motivasi Anak pertemuan ke-1 dengan 50% kategori “Sebagian Anak

Termotivasi”, pertemuan ke-2 dengan 75% kategori “Sebagian Besar Anak 

Termotivasi” dan pertemuan ke-3 dengan 100% kategori “Seluruh Anak 

Termotivasi”. (3) Aktivitas Anak pertemuan ke-1 dengan 50% kategori “Sebagian 

Anak Aktif”, pertemuan ke-2 dengan 75% kategori “Sebagian Besar Anak Aktif” 

dan pertemuan ke-3 dengan 100% kategori “Seluruh Anak Aktif”. (4) Hasil 

Perkembangan Motorik Halus anak pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak 

yang berhasil dengan mendapatkan 100% (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model 

Montir (deMONstration, beyond center and circle TIme, dan scRamble) dapat 

meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik 

dan sangat aktif. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya 

dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada 

anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI