DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROGRAM SIPAPAH GANTENG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENANGANI PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN PASER
PENGARANG:RIZKA TRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-05


ABSTRAK

 

            Rizka Tri Wahyuni. 1810414320008. 2022. Program SiPaPah GanTeNg sebagai Komunikasi dalam Menangani Pengelolaan Sampah di Kabupaten Paser. Dibawah bimbingan Fahrianoor.

SiPaPah GanTeNg merupakan inovasi yang lahir dari hal yang baru atau ide tentang permasalahan sampah dan gangguan lingkungan untuk mempermudah komunikasi antara pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program SiPaPah GanTeNg sebagai media komunikasi dalam menangani pengelolaan sampah di Kabupaten Paser oleh DLH Kabupaten Paser terhadap masyarakat. Penelitian dibahas secara mendalam menggunakan teori Difusi Inovasi mengenai penyebaran informasi dari suatu ide kepada masyarakat agar dapat diketahui dan digunakan. Dengan metode deskriptif-kualitatif, data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa DLH Kabupaten Paser melalui program SiPaPah GanTeNg belum optimal dan efektif dalam mengupayakan penyebaran informasi mengenai inovasinya yang disesuaikan dan dianalisis dengan klasifikasi pokok proses difusi inovasi yaitu inovasi, saluran komunikasi, tenggang waktu, dan sistem sosial. Upaya penyebaran informasi tidak didukung oleh intensitas informasi yang diterima atau yang dilihat oleh khalayak sasaran yaitu masyarakat Kabupaten Paser dengan tujuan untuk membantu proses dari penyampaian informasi dan penyebaran tentang inovasi SiPaPah GanTeNg, hal ini juga didukung dengan belum terpenuhnya tahapan proses keputusan inovasi SiPaPah GanTeNg pada tahap persuasi dan tahapan pemastian sehingga informasi dari inovasi SiPaPah GanTeNg belum berjalan dengan optimal.

Kata Kunci: Difusi Inovasi, Media Komunikasi, Perencanaan Komunikasi 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI