DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERBEDAAN JENIS UMPAN DAN WAKTU PENGOPERASIAN TERHADAP HASIL TANGKAPAN TEMPIRAI KAWAT (WIRE STAGE TRAP) DI PERAIRAN RAWA DESA MARAMPIAU KECAMATAN CANDI LARAS SELATAN KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:Elisha Ferda Wati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


ABSTRAK

Elisha Ferda Wati Program Studi Perikanan Tangkap, Pengaruh Perbedaan Jenis Umpan dan Waktu Pengoperasian Terhadap Hasil Tangkapan Tempirai Kawat (Wire Stage Trap) di Perairan Rawa Desa Marampiau Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin di bawah bimbingan Ir. Irhamsyah, M. Si, sebagai ketua pembimbing dan Aulia Azhar Wahab, S. Pi, M. Si, sebagai anggota pembimbing.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh perbedan jenis umpan Kalambuai (Pila ampullacea) dan usus ayam terhadap hasil tangkapan tempirai kawat, menganalisis pengaruh perbedaan waktu penangkapan siang dan malam hari  terhadap hasil tangkapan tempirai kawat dan mengetahui interaksi dari dua hal tersebut terhadap hasil tangkapan tempirai kawat. Metode yang digunakan adalah metode percobaan di lapangan (experimental fishing). Percobaan dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok-Faktorial (RAKF)  dan analisis data yang digunakan adalah Analisis Sidik Ragam yang kemudian di uji lanjutan menggunakan Uji BNT. Hasil penelitan menunjukkan tempirai kawat yang tidak menggunakan umpan mendapatkan hasil tangkapan sebesar 590 individu, umpan kalambuai sebesar 894 individu dan umpan usus ayam sebesar 1403 individu. Hasil tangkapan tempirai kawat yang dioperasikan pada siang hari memperoleh hasil tangkapan sebesar 1232 individu, sedangkan hasil tangkapan tempirai kawat yang dioperasikan pada malam hari yaitu sebesar 1655 individu. Kombinasi perlakuan terbaik adalah kombinasi umpan usus ayam dan waktu pengoperasian malam hari.

 

Kata Kunci: Jenis umpan, Waktu pengoperasian, Hasil tangkapan tempirai kawat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI