DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL POLA ABCD-ABCD MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL LEARNING TOGETHER, MAKE A MATCH DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK NUSA INDAH ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:ANNISA AULIA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


Rahmi, Annisa Aulia. 2022. Mengembangkan Aktivitas, Kerjasama dan Aspek Kognitif Dalam Mengenal Pola ABCD-ABCD Menggunakan Kombinasi Model Learning Together, Make a Match dan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B2 di TK Nusa Indah Alalak Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Kerjasama, Mengenal Pola ABCD-ABCD, Learning Together, Make a Match, Media Papan Flanel

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas, kerjasama dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam hal mengenal pola ABCD-ABCD. Penyebab dari permasalahan yaitu pembelajaran yang kurang menarik perhatian anak, kurangnya partisipasi anak dalam pembelajaran dan pembelajaran yang bersifat individu. Solusinya yaitu menggunakan kombinasi model pembelajaran Learning Together, Make a Match dan media papan flanel. Tujuannya untuk mendeskripsikan aktivitas guruserta menganalisis aktivitas, kerjasama dan hasil perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal pola ABCD-ABCD.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B2 di TK Nusa Indah AlalakKabupaten Barito Kuala yang berjumlah 9 orang anak (5 laki-laki dan 4 perempuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif menggunakan tabel dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak secara klasikal dengan persentase 81% “hampir seluruh anak aktif”, kerjasama anak secara klasikal dengan persentase 81%“hampir seluruh anak bekerjasama” dan hasil perkembangan minimal 81% anak berhasil berkembang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pertemuan ke-1 Aktivitas Guru mendapat skor 20 dengan kriteria “Baik” dan pada pertemuan ke-4 guru telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran dengan kriteria “Sangat Baik” dan mendapat skor 30. Untuk Aktivitas, Kerjasama dan Aspek Kognitif dalam mengenal pola ABCD-ABCD terus mengalami peningkatan persentase mulai dari pertemuan ke-1hingga pertemuan ke-4 dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan kombinasi model Learning Together, Make a Match dan Media Papan Flanel telah melaksanakan sesuai langkah-langkah dan dapat memberikan peningkatan aktivitas, kerjasama dan hasil perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal polaABCD-ABCD. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI