DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN KEJENUHAN BELAJAR PADA SANTRI ALIYAH PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTRA BANJARBARU
PENGARANG:DENI RAHMAT KURNIAWAN
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2018-08-23


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman
sebaya dengan kejenuhan belajar pada santri aliyah Pondok Pesantren Al Falah
Putra Banjarbaru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah
menggunakan proportionate stratified random sampling, yaitu subjek santri
aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra sebanyak 168 santri yang terdiri dari
kelas X dan XI. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari
Karl Person dan metode pengumpulan data menggunakan skala interaksi teman
sebaya dan skala kejenuhan belajar. Hasil penelitian menunjukan hubungan antara
kejenuhan pada santri aliyah Pondok Pesantren al Falah Putra Banjarbaru
memiliki korelasi -0,552 dan taraf signifikansi sebesar 0,000. Nilai ini
menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan yang kuat dan negatif
antara kedua variabel, artinya semakin rendah interaksi teman sebaya maka akan
semakin tinggi kejenuhan belajar, sebaliknya jika semakin tinggi interaksi teman
sebaya maka akan semakin rendah kejenuhan belajar. Hubungan interaksi teman
sebaya dengan kejenuhan belajar adalah sebesar 30,5 % sedangkan 69,5% sisanya
adalah dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Saran
penelitian ini adalah perlunya adanya pemahaman dan menilai diri dalam sikap
belajar dari santri aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru agar
menjalin interaksi dengan teman sebaya yang positif agar mampu mengurangi
kejenuhan belajar.
Kata Kunci : Interaksi teman sebaya, kejenuhan belajar, santri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI