DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pendapatan Usaha Kerajinan Anyaman Tas Purun dI Desa Palimbangan Gusti Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
PENGARANG:PUTRI NADILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


ABSTRAK

PUTRI NADILLA, 2022. Analisis Pendapatan Usaha  Kerajinan Anyaman Tas Purun dI Desa Palimbangan Gusti Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Tesis. Program Studi Magister Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Ir. H. Zainal abidin, M.P.dan Dr. Ir. DanielItta, M.S.

 

Kata kunci: Kerajinan Anyaman Purun, Produktivitas, Rendemen

 

KabupatenHulu Sungai Utara (HSU) memiliki sumberdayamanusia yang melimpahdi sektorkerajinan,salahsatunyaadalahkerajinanpurun. keterampilan anyaman purun diajarkan secara turun temurun dari nenek moyang, oleh karena itu Penulis tertarik menganalisis produktivitas, rendemen, pendapatan dan faktor internal yang mempengaruhi pendapatan tas purun di Desa Palimbangan Gusti Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pengetahuan dan pertimbangan masyarakat dan pemerintah setempat untuk melakukan pembinaan dan pengambilan kebijakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam meningkatkan pendapatan pengrajin anyaman tas purun. Berdasarkan hasil perhitungan diketahuibesarnya rata-rata produktivitas anyaman tas purun0,94buah/jam dan rata-rata rendemen kerajinan anyaman tas purunsebesar 88,32%. Nilai pendapatan bersih per tahun tertinggi adalah yang diperoleh Nor Halimah sebesar Rp4.244.700,00. Nilai pendapatan bersih per tahun terendah adalah yang diperoleh Anida sebesar Rp1.206.873,25. Besarnya nilai rata-rata pendapatan bersih per tahun untuk tas purun sebesar Rp2.279.286,19. Faktor internal yang berpengaruh terhadap nilai pendapatan produk kerajinan tas purun di Desa Palimbangan Gusti adalah produktivitas pekerja dalam menghasilkan produk per jam dan jumlah waktu kerja dalam satu hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI