DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI LUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RIKA SARI NURYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


Rika Sari Nuryanti, NIM.1810122320088, Pemanfaatan Waktu Luang Di  Luar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Barito Kuala, Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Dr. Rahmadi, S. Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Dr. H. Syamsul Arifin, M. Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan peserta didik ketika di luar jam sekolah, tingkat aktivitas fisik dalam kesehariannya serta kegiatan apa saja yang dilakukan oleh peserta didik usia Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Kabupaten Barito Kuala ketika waktu luang, apakah berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisiknya, apakah kegiatan keseharian yang dilakukan akan membantu dalam menemukan minat dan bakat terutama pada bidang olahraga. 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei (ex-post facto) karena data dikumpulkan dengan menghimpun informasi langsung dari responden menggunakan kuisioner. Untuk kuisioner menggunakan modifikasi skala likert. Untuk pengumpulan data dari responden menggunakan teknik purposive sampling dikarenakan penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik menggunakan waktu luangnya untuk 1. Kegiatan Santai (Relaxation Activity) dengan persentase sebesar 44,67% (sering), 37,49% (kadang-kadang), 12,17% (pernah) dan 5,65% (tidak pernah), 2. Kegiatan Hiburan (Entertaiment Activity) dengan persentase sebesar 23,16% (sering), 47,63% (kadang-kadang), 12,82% (pernah) dan 17,08% (tidak pernah), serta 3. Kegiatan Pengembangan Diri (Personal Development Activity) dengan persentase sebesar 16,58% (sering), 27,57% (kadang-kadang), 21,42% (pernah), dan 34,42% (tidak pernah). Dari hasil penelitian di atas di ketahui bahwa penggunaan waktu luang peserta didik SMP Negeri Kabupaten Barito Kuala termasuk sedang. Pemanfaatan waktu luang untuk aktivitas fisik termasuk tinggi dengan persentase sebesar 41% dengan kegiatan bersepeda/gowes dan bermain bulutangkis. Serta minat peserta didik dalam mengembangkan kemampuan diri tergolong rendah dengan persentase sebesar 36%. Hal ini terjadi akibat lebih dari 2 tahun mengalami pandemi covid-19 yang mengharuskan peserta didik stay at home sehingga mereka mengalami kurang gerak jika di biarkan terus menerus maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik peserta didik.

Kata kunci: Pemanfaatan, waktu luang, peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI