DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION, TEAM GAMES TOURNAMENT, DAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS IV SDN PANGERAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:RATIH TRI SETYOWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-09-06


ABSTRAK

Setyowati, Ratih, 2022. Meningkatkan Aktivitas, Kerjasama dan Hasil Belajar

SiswaMenggunakan Model Group Investigation, Team Games Tournament, dan Picture And Picture  Pada Siswa Kelas IV SDN Pangeran 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:

Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Kerjasama Siswa, Hasil Belajar, Group Investigation, Team Games Tournament(TGT),danPicture And Picture.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, pembelajaran kurang bermakna, kurangnya kerjasama tim, tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, dan adanya kesenjangan antar siswa pandai dan kurang pandai. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation, Team Games Tournament,dan Picture And Picture dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas, kerjasama dan hasil belajar pada siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Pangeran 3 Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 jumlah siswa sebanyak 21 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, aktivitas siswa, kerjasama siswa dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21, pertemuan II 23, pertemuan III skor meningkat 26 dan pertemuan IV skor mencapai maksimal 28 dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan I hanya 24%, pertemuan II 38%, pertemuan III 86% serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 95% dengan kualifikasi sangat aktif. Keterampilan kerjasama pada pertemuan I hanya 14%, pertemuan II 48%, pertemuan III 71% dan pertemuan IV meningkat secara signifikan 95% dengan kualifikasi sangat tinggi. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar ranah afektif dari pertemuan I 43% menjadi 100%, kognitif dari pertemuan I 43% menjadi 95% dan ranah psikomotorik 43% meningkat menjadi 95%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation, Team Games Tournament,dan Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, kerjasama dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan model Group Investigation, Team Games Tournament,dan Picture And Picture dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternative dalam meningkatkan aktivitas dan kerjasama yang berdampak pada pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI